Detail Metadata Kegiatan Statistik
Kompilasi Produk Administrasi Penyusunan Profil RSUD Teuku Umar Kabupaten Aceh Jaya 2024
Informasi Umum
Judul KegiatanKompilasi Produk Administrasi Penyusunan Profil RSUD Teuku Umar Kabupaten Aceh Jaya
Tahun Kegiatan
2024
Cara Pengumpulan Data
Kompilasi Produk Administrasi
Sektor Kegiatan
Kesehatan
Jenis Kegiatan Statistik
Statistik Sektoral
Identitas Rekomendasi
-
Penyelenggara
Instansi PenyelenggaraRSUD TEUKU UMAR KABUPATEN ACEH JAYA
Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara
Jln Ali Gunong Lr PMI No 1
Telepon: | - |
Faksimile: | 06542210322 |
Email: | rsudteukuumar10@gmail.com |
Penanggung Jawab
Unit Eselon Penanggung JawabEselon 1: | - |
Eselon 2: | dr.EKa Rahmayuli |
Penanggung Jawab Teknis
Nama: | Rafi,i S,Hum |
Jabatan: | Kabag Administrasi Umum Dan Keuangan |
Alamat: | Jln Ali Gunong Lr PMI No 1 |
Telepon: | - |
Faksimile: | 06542210322 |
Email: | rsudteukuumar10@gmail.com |
Perencanaan dan Persiapan
Latar Belakang KegiatanUntuk meningkatkan pelayanan yang baik bagi masyarakat, perlu adanya perubahan dalam hal sistem yang digunakan. Hal ini memicu pihak rumah sakit untuk memperbaiki data dalam pelayanan informasi. Untuk meningkatkan pelayanan yang baik maka semua jenis sumber daya harus dapat dikerahkan secara maksimal dan professional dalam meningkatkan pelayanan bagi pasien agar tersedianya informasi yang tentunya merupakan hasil dari pengolahan basis data (data base) yang handal dari rumah sakit. Pendataan dan pengarsipan telah menjadi suatu kewajiban dalam kegiatan rutinitas suatu rumah sakit. Karena pentingnya akan data yang disimpan, maka diperlukan suatu sistem basis data (data base) yang baik untuk mengelola/mengorganisasikan data pada rumah sakit. Dengan adanya pengelolaan basis data (data base), maka data pada suatu rumah sakit akan terstruktur rapi dalam bentuk laporan sehingga apabila data dibutuhkan akan dapat digunakan dengan cepat dan akurat. Basis data (data base) ini merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk melaporkan pemantauan dan evaluasi terhadap pencapaian hasil pembangunan kesehatan, termasuk kinerja dari penyelenggaraan pelayanan minimal pada bidang kesehatan di Kabupaten Aceh Jaya. Basis data (data base) Kesehatan bertujuan sebagai media informasi Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Aceh Jaya yang relatif lengkap, meliputi data tentang derajat kesehatan, upaya kesehatan, sumber daya kesehatan dan data lainnya yang berhubungan dengan kesehatan di wilayah kerja UPTD Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Umar Kabupaten Aceh Jaya.Sistem Informasi Kesehatan adalah seperangkat tatanan yang meliputi data, informasi, indikator, prosedur, teknologi, perangkat, dan sumber daya manusia yang saling berkaitan dan dikelola secara terpadu untuk mengarahkan tindakan atau keputusan yang berguna dalam mendukung pembangunan kesehatan. Basis data (data base) Rumah Sakit merupakan bagian dari sistem informasi kesehatan yang masih jauh dari kondisi ideal. Berbagai masalah klasik masih dihadapi dalam penyelenggaraan sistem informasi kesehatan, kegiatan pengelolaan data dan informasi yang belum terintegrasi dan terkoordinasi dalam satu sistem yang terpadu. Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Sebagai salah satu institusi penyelenggara pelayanan kesehatan, rumah sakit memiliki kewajiban untuk terus menerus melaksanakan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan untuk mencapai tingkat kepuasan pelanggan terutama pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan. Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit harus menyusun laporan basis data (data base) secara berkala minimal 1 (satu) tahun sekali. Dimana dalam penyusunan laporan ini menerangkan proses dan hasil yang menjadi tolak ukur untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan rumah sakit sehingga dapat beroperasi secara efisien, efektif dan responsif.
Tujuan Kegiatan
Penyusunan laporan ini mempunyai maksud dan tujuan untuk mempertanggungjawabkan secara tertulis upaya rumah sakit dalam pengelolaan data base rumah sakit.
Rencana Jadwal Kegiatan
Perencanaan Kegiatan
2023-01-02 s.d. 2023-01-06
Desain
2023-02-06 s.d. 2023-02-28
Pengumpulan Data
2023-04-03 s.d. 2023-08-31
Pengolahan Data
2023-09-04 s.d. 2023-09-29
Analisis
2023-10-02 s.d. 2023-10-16
Diseminasi Hasil
2023-11-01 s.d. 2023-11-13
Evaluasi
2023-12-01 s.d. 2023-12-25
Variabel (Karakteristik) yang Dikumpulkan
Nama Variabel | Konsep | Definisi | Referensi Waktu |
---|---|---|---|
Fasilitas Pelayanan | Sarana dan prasarana | Fasilitas pelayanan merujuk pada sarana dan prasarana yang disediakan untuk memberikan layanan kepada masyarakat atau pengguna | Tahun 2023 |
Sumber Daya Manusia | Sumber Daya Manusia (SDM) merujuk pada seluruh individu yang bekerja dalam suatu organisasi atau perusahaan | Potensi manusia yang dapat dikembangkan untuk proses produksi | Tahun 2023 |
Indikator Pelayanan RSUD Teuku Umar | Indikator digunakan untuk mengukur kualitas, efektivitas, dan efisiensi layanan kesehatan | Tolok ukur yang digunakan untuk menilai tingkat capaian target mutu pelayanan kesehatan RSUD Teuku Umar | Tahun 2023 |
Rekapitulasi Data-Data Kegiatan Pelayanan | Rekapitulasi data-data kegiatan pelayanan | Kumpulan dan rekapitulasi data-data yang sangat penting dalam memastikan bahwa rumah sakit berfungsi dengan baik dan memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien | Tahun 2023 |
Kunjungan Layanan Rawat Inap | Kunjungan layanan rawat inap | Setiap kedatangan pengunjung (pasien) ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan rawat inap | Tahun 2023 |
Kunjungan Layanan Rawat Jalan | Kunjungan layanan rawat jalan | Setiap kedatangan pengunjung (pasien) ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan rawat jalan | Tahun 2023 |
Kunjungan Pasien Gawat Darurat | Kunjungan pasien gawat darurat | Setiap kedatangan pengunjung (pasien) ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan IGD (Instalasi Gawat Darurat) | Tahun 2023 |
Kunjungan Pasien di RSUD | Kunjungan pasien; (K01922) Rumah Sakit Umum | Kunjungan pasien ke rumah sakit umum untuk mendapatkan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit. Kunjungan yang dimaksud dapat berupa kunjungan pasien lama dan kunjungan pasien baru | Tahun 2023 |
Kunjungan baru | Kunjungan baru | Kunjungan pasien yang pertma kali datang kepelayanan kesehatan di RSUD | Tahun 2023 |
Kunjungan Lama | Kunjungan Lama | Kunjungan pasien yang sudah pernah mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD | Tahun 2023 |
Desain Kegiatan
Kegiatan ini dilakukanBERULANG
Frekuensi Penyelenggaraan
TAHUNAN
Tipe Pengumpulan Data
LONGITUDINAL_PANEL
Cakupan Wilayah Pengumpulan Data
SEBAGIAN_WILAYAH_INDONESIA
Wilayah Kegiatan
Provinsi | Kabupaten/Kota |
---|---|
ACEH | ACEH JAYA |
Pengumpulan data sekunder
Sarana Pengumpulan Data
PAPI, Lainnya : Buku Laporan Dari Bidang Penunjang,Bidang Pelayanan Dan Kepegawaian
Unit Pengumpulan Data
Lainnya : Bidang Penunjang,Bidang Pelayanan Dan Kepegawaian
Pengumpulan Data
Apakah Melakukan Uji Coba (Pilot Survey)Tidak
Metode Pemeriksaan Kualitas Pengumpulan Data
Kunjungan kembali (revisit)
Apakah Melakukan Penyesuaian Nonrespon
Tidak
Petugas Pengumpulan Data
Staf instansi penyelenggara dan mitra/tenaga kontrak
Persyaratan Pendidikan Terendah Petugas Pengumpulan Data
Diploma I/II/III
Jumlah Petugas
Supervisor/penyelia/pengawas: 1
Pengumpul data/enumerator: 2
Apakah Melakukan Pelatihan Petugas
Tidak
Pengolahan dan Analisis
Tahapan Pengolahan DataEditing, Data Entry
Metode Analisis
DESKRIPTIF
Unit Analisis
Lainnya : RSUD Teuku Umar Kabupaten Aceh Jaya
Tingkat Penyajian Hasil Analisis
Lainnya : RSUD Teuku Umar Kabupaten Aceh Jaya
Diseminasi Hasil
Produk Kegiatan yang Tersedia untuk UmumTercetak (hardcopy): Ya
Digital (softcopy): Ya
Data Mikro: Tidak
Rencana Rilis Produk Kegiatan
Tercetak (hardcopy): 2024-02-12;
Digital (softcopy): 2024-02-12;
Data Mikro: -
Variabel Kegiatan
-
Kunjungan pasien ke rumah sakit umum untuk mendapatkan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit. Kunjungan yang dimaksud dapat berupa kunjungan pasien lama maupun kunjungan pasien baru.
-
Setiap kedatangan pengunjung (pasien) ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan rawat jalan
-
Setiap kedatangan pengunjung (pasien) ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan rawat inap
-
Setiap kedatangan pengunjung (pasien) ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan IGD (Instalasi Gawat Darurat)
Indikator Kegiatan
-
Banyaknya kunjungan pasien ke rumah sakit umum untuk mendapatkan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit. Jumlah kunjungan yang dimaksud berupa jumlah kunjungan pasien lama dan jumlah kunjungan pasien baru.
-
Banyaknya kedatangan pengunjung (pasien) ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan rawat jalan
-
Banyaknya pasien yang datang ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan IGD (Instalasi Gawat Darurat)
-
Banyaknya kedatangan pengunjung (pasien) ke rumah sakit untuk mendapatkan layanan rawat inap