Detail Metadata Kegiatan Statistik
Survei Karakteristik Usaha 2023
Informasi Umum
Judul KegiatanSurvei Karakteristik Usaha
Tahun Kegiatan
2023
Cara Pengumpulan Data
Survei
Sektor Kegiatan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Jenis Kegiatan Statistik
Statistik Dasar
Identitas Rekomendasi
-
Penyelenggara
Instansi PenyelenggaraDirektorat Statistik Keuangan, Teknologi Informasi, dan Pariwisata
Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara
Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta
Telepon: | (62-21) 3841195, 3842508, 3810291 |
Faksimile: | (62-21) 3857046 |
Email: | bpshq@bps.go.id |
Penanggung Jawab
Unit Eselon Penanggung JawabEselon 1: | Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa |
Eselon 2: | Direktorat Statistik Keuangan, Teknologi Informasi, dan Pariwisata |
Penanggung Jawab Teknis
Nama: | Rifa Rufiadi |
Jabatan: | Statistisi Ahli Madya |
Alamat: | Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia |
Telepon: | (62-21) 3841195 |
Faksimile: | (62-21) 3857046 |
Email: | dir.ktip@bps.go.id |
Perencanaan dan Persiapan
Latar Belakang KegiatanSurvei Karakteristik Usaha (SKU) merupakan survei tahunan yang dilaksanakan sejak tahun 2019 untuk memperoleh data dan informasi mengenai karakteristik usaha. Tahun 2023 survei ini menggunakan nama SKU yang sebelumnya dikenal BCS (Business Characteristics Survey), merupakan integrasi dari tiga survei yang telah dilakukan sebelumnya oleh Subdirektorat Statistik Komunikasi dan Teknologi Informasi, yaitu Survei P2TIK (sektor Bisnis), Survei Infokom (bioskop) serta Survei IPTEK dan Inovasi. Integrasi tersebut dilakukan untuk mengurangi provider dan responden burden, mengurangi workload BPS di daerah terutama petugas lapangan, menghasilkan single source of truth untuk data perusahaan dan efisiensi sumber daya (waktu, tenaga, dan biaya).
Tujuan Kegiatan
Secara garis besar, tujuan dari Survei Karakteristik Usaha (SKU) 2023 adalah untuk mendapatkan informasi secara Nasional dan Kategori Lapangan Usaha mengenai karakteristik usaha di Indonesia yang digunakan untuk menyusun: 1. Indikator penggunaan dan pemanfaatan TIK; 2. Indikator pokok terkait kegiatan R&D dan inovasi; 3. Indikator integrasi digital.
Rencana Jadwal Kegiatan
Perencanaan Kegiatan
2023-01-09 s.d. 2023-04-28
Desain
2023-05-01 s.d. 2023-07-31
Pengumpulan Data
2023-08-07 s.d. 2023-09-30
Pengolahan Data
2023-10-02 s.d. 2023-10-31
Analisis
2023-11-01 s.d. 2023-11-30
Diseminasi Hasil
2023-12-01 s.d. 2023-12-31
Evaluasi
2023-12-01 s.d. 2023-12-31
Variabel (Karakteristik) yang Dikumpulkan
Nama Variabel | Konsep | Definisi | Referensi Waktu |
---|---|---|---|
Tenaga Kerja yang Rutin Menggunakan Komputer | Tenaga Kerja yang Rutin Menggunakan Komputer | Tenaga kerja yang rutin menggunakan komputer adalah tenaga kerja yang menggunakan komputer untuk bekerja paling tidak sekali dalam seminggu. | 2022 |
Penggunaan Internet | Penggunaan Internet | Internet yang dimaksud adalah yang bisa digunakan untuk usaha. Contoh: jual beli barang/jasa menggunakan internet pada smartphone, minimarket memanfaatkan facebook untuk mempromosikan barang dagangan, dan lain-lain. | 2022 |
Jenis Koneksi Internet yang Digunakan | Jenis Koneksi Internet yang Digunakan | Jenis-jenis koneksi internet terdiri atas Fixed Broadband, Mobile Broadband, Very Small Aperture Terminal (VSAT), dan jenis lainnya. Fixed Broadband merupakan jalur komunikasi yang tetap dengan bandwidth =256 kbps dan tidak dapat dipindah-pindah, contoh: first media, indihome, my republic, dan lain-lain. Mobile Broadband merupakan fasilitas internet yang dapat dipindah-pindah karena menggunakan teknologi nirkabel, contoh: penyedia/produk: Indosat, XL, Telkomsel, GPRS, EDGE, HSDPA, HPSA, 2G-5G. VSAT adalah stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter. Contoh: Metrasat (Telkom Indonesia), Lintasarta IP VSAT (PT. Aplikanusa Lintasarta), VSAT Internet (PT. Pasifik Satelit Nusantara), dan lain-lain. | 2022 |
Tujuan Penggunaan Internet | Tujuan Penggunaan Internet | Tujuan/keperluan usaha menggunakan internet antara lain: - Mengirim dan menerima e-mail - Telepon melalui Voice over Internet Protocol (VoIP) atau Video conferencing - Penggunaan layanan pesan instan dan Media Sosial (contoh: WhatsApp, LINE Messenger, Facebook Messenger, Telegram, Skype, Microsoft Lync, Share Point, facebook, twitter, instagram, dll.) - Mencari informasi mengenai barang/jasa - Mencari informasi mengenai lembaga pemerintahan - Berinteraksi dengan lembaga pemerintah (misalnya: portal beberapa instansi, mengurus perizinan, registrasi, e-procurement) - Transaksi perbankan melalui internet (internet banking) - Mengakses fasilitas finansial lainnya (misal: payment gateway, perdagangan saham, dll.) - Delivering Product Online (contoh: e-book, software, games, musik/ringtone, e-tiket, dan lain-lain) - Rekruitmen tenaga kerja internal (rotasi, mutasi, promosi, dll.) maupun tenaga kerja eksternal - Pelatihan tenaga kerja/training Untuk bekerja dari rumah atau untuk bekerja dari lokasi lain di luar kantor (misalnya: menggunakan "remote desktop connection" untuk mengakses file pekerjaan dari rumah atau mengerjakan pekerjaan kantor di tempat lain di luar kantor). | 2022 |
Status Inovasi | Status Inovasi | Status inovasi adalah status perusahaan dalam melakukan inovasi. Inovasi adalah produk atau proses baru atau peningkatan produk/proses yang berbeda secara signifikan dari yang dihasilkan/dimiliki oleh perusahaan sebelumnya, berupa produk yang telah diperkenalkan ke pasar atau proses yang telah digunakan oleh perusahaan. Inovasi yang dicakup meliputi: Inovasi Produk dan Inovasi Proses. | 2022 |
Pengeluaran untuk Inovasi | Pengeluaran untuk Inovasi | Pengeluaran untuk inovasi dihitung menggunakan formula persentase pengeluaran yang digunakan untuk inovasi terhadap total pengeluaran usaha. Perhitungan biaya ini dapat diestimasi dari biaya yang dianggarkan khusus untuk unit/divisi inovasi. | 2022 |
Manfaat Inovasi | Manfaat Inovasi | Manfaat inovasi antara lain: - Pendapatan meningkat - Menghemat biaya (produksi/operasional/dll) - Meningkatkan daya saing - Meningkatnya pelayanan pelanggan - Belum dapat mengukur manfaatnya - Manfaat lainnya | 2022 |
Penggunaan Komputer | Penggunaan Komputer | Komputer yang dicatat adalah perangkat yang digunakan untuk usaha dan perangkat milik usaha. Komputer misalnya Personal Computer (PC), Laptop/Notebook/Netbook, Tablet. Tidak termasuk embedded computing abilities (kemampuan komputasi tertanam) seperti telepon seluler, atau mesin yang dikendalikan komputer. | 2022 |
Tenaga Kerja yang Rutin Menggunakan Internet | Tenaga Kerja yang Rutin Menggunakan Internet | Tenaga kerja yang rutin menggunakan internet adalah tenaga kerja yang menggunakan internet untuk bekerja paling tidak sekali dalam setahun. | 2022 |
Desain Kegiatan
Kegiatan ini dilakukanBERULANG
Frekuensi Penyelenggaraan
TAHUNAN
Tipe Pengumpulan Data
CROSS_SECTIONAL
Cakupan Wilayah Pengumpulan Data
SELURUH_WILAYAH_INDONESIA
Metode Pengumpulan Data
Wawancara, Mengisi Kuesioner Sendiri
Sarana Pengumpulan Data
CAPI, CAWI
Unit Pengumpulan Data
Usaha/perusahaan
Desain Sampel
Jenis Rancangan SampelSINGLE_STAGE_ATAU_PHASE
Metode Pemilihan Sampel Tahap Terakhir
SAMPEL_PROBABILITAS
Metode yang Digunakan
CLUSTER_SAMPLING
Kerangka Sampel Tahap Terakhir
LIST_FRAME
Fraksi Sampel Keseluruhan
Sampel perusahaan/usaha SKU 2023 dipilih secara one-stage stratified systematic sampling, yaitu memilih sejumlah nh sampel perusahaan/usaha secara systematic sampling pada setiap strata dengan terlebih dahulu melakukan implicit stratification, yaitu mengurutkan perusahaan/usaha menurut status data pajak/nonpajak dan nilai pendapatan perusahaan/usaha. Dengan desain seperti ini, maka setiap strata eksplisit akan mendapatkan sampel (selama ada populasinya) dan sampel menyebar menurut status data pajak/nonpajak dan nilai pendapatan. Pemilihan sampel perusahaan/usaha pada setiap strata dilakukan secara independen. Tabel 3.2 Sampling Scheme SKU 2023 Tahap Unit Sampling Populasi Sampel Metode Peluang Fraksi 1 Perusahaan/ usaha N_hijk n_hijk systematic sampling 1/N_hijk n_hijk/N_hijk design weight = w_hijk = 1/(fraksi sampling)=N_hijk/n_hijk Keterangan: N_hijk = jumlah populasi perusahaan/ usaha pada stratum-h, kategori-i, skala-j di kabupaten-k n_hijk = jumlah sampel perusahaan/ usaha pada stratum-h, kategori-i, skala-j di kabupaten-k
Nilai Perkiraan Sampling Error Variabel Utama
17.845&
Unit Sampel
Perusahaan UMB kategori B, C, D, E, F, G, H, J, K, L, M, N, P, Q, R, dan S.
Unit Observasi
Perusahaan UMB
Pengumpulan Data
Apakah Melakukan Uji Coba (Pilot Survey)Tidak
Metode Pemeriksaan Kualitas Pengumpulan Data
Kunjungan kembali (revisit), Supervisi
Apakah Melakukan Penyesuaian Nonrespon
Ya
Petugas Pengumpulan Data
Mitra/tenaga kontrak
Persyaratan Pendidikan Terendah Petugas Pengumpulan Data
Diploma I/II/III
Jumlah Petugas
Supervisor/penyelia/pengawas: 252
Pengumpul data/enumerator: 756
Apakah Melakukan Pelatihan Petugas
Ya
Pengolahan dan Analisis
Tahapan Pengolahan DataEditing, Coding, Data Entry, Validasi
Metode Analisis
DESKRIPTIF
Unit Analisis
Usaha/perusahaan
Tingkat Penyajian Hasil Analisis
Nasional, Provinsi
Diseminasi Hasil
Produk Kegiatan yang Tersedia untuk UmumTercetak (hardcopy): Tidak
Digital (softcopy): Ya
Data Mikro: Tidak
Rencana Rilis Produk Kegiatan
Tercetak (hardcopy): -
Digital (softcopy): 2023-12-30;
Data Mikro: -
Variabel Kegiatan
-
jumlah pekerja yang secara rutin menggunakan internet untuk usaha
-
Jenis koneksi internet, antara lain: Fixed Broadband merupakan jalur komunikasi yang tetap dengan bandwidth =256 kbps dan tidak dapat dipindah-pindah, contoh penyedia: First Media, Indihome, MyRepublic, BaliFiber, dll. Mobile Broadband merupakan fasilitas internet yang dapat dipindah-pindah karena menggunakan....
-
Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan, dan lain-lain.
-
pekerja yang secara rutin menggunakan komputer untuk usaha
-
Website adalah halaman informasi yang dapat diakses melalui jalur internet. Berlokasi di World Wide Web/www yang diidentifikasi oleh sebuah alamat web. Informasi didalam sebuah website dikodekan dalam bahasa tertentu (HTML, XML, Java) dan diakses menggunakan Web Browser seperti Microsoft's Internet Explorer,....
-
memesan/membeli barang dan atau jasa
-
Intranet adalah suatu jaringan di dalam sebuah organisasi yang menggunakan teknologi internet, seperti web browser dan server, TCP/IP protocol jaringan, penerbitan dokumen HTML hypermedia dan database, dan sebagainya.
-
Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Komputer yang dimaksud adalah Personal Computer....
-
Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit. Penggunaan internet untuk usaha berguna untuk analisis produk dan pasar, berkomunikasi dengan pelanggan, mengirim dan menerima dokumen....
-
untuk keperluan apa saja penggunaan jaringan internet di usaha tersebut
-
menerima pesanan/menjual barang dan atau jasa melalui internet
-
LAN (local area network) adalah suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal saja. Artinya, jaringan ini hanya dapat digunakan oleh pengguna di area LAN. Dalam jaringan LAN biasanya ditemukan kabel UTP, Hub, Switch, maupun Router. Contohnya adalah jaringan komputer yang menyambungkan komputer....
Indikator Kegiatan
-
Jumlah usaha yang memanfaatkan LAN dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah pekerja yang rutin menggunakan komputer dibagi jumlah pekerja seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah usaha yang memanfaatkan intranet dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah usaha yang memanfaatkan ekstranet dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah usaha yang menggunakan internet berdasarkan tipe akses dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah usaha yang menggunakan internet berdasarkan tujuan dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah usaha yang memiliki website dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah usaha yang menggunakan internet dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah pekerja yang rutin menggunakan internet dibagi jumlah pekerja seluruhnya dinyatakan dalam satuan persen (%).
-
Jumlah usaha yang menerima pesanan melalui internet dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah usaha yang melakukan pemesanan melalui internet dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)
-
Jumlah usaha yang menggunakan komputer dibagi jumlah usaha seluruhnya, dinyatakan dalam satuan persen (%)