Detail Metadata Kegiatan Statistik
Pencacahan Lengkap Perusahaan/Usaha Jasa Akomodasi Indonesia (VHTL) 2023
Informasi Umum
Judul KegiatanPencacahan Lengkap Perusahaan/Usaha Jasa Akomodasi Indonesia (VHTL)
Tahun Kegiatan
2023
Cara Pengumpulan Data
Pencacahan Lengkap
Sektor Kegiatan
Industri dan Jasa
Jenis Kegiatan Statistik
Statistik Dasar
Identitas Rekomendasi
-
Penyelenggara
Instansi PenyelenggaraDirektorat Statistik Keuangan, Teknologi Informasi, dan Pariwisata
Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara
Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta
Telepon: | (62-21) 3841195, 3842508, 3810291 |
Faksimile: | (62-21) 3857046 |
Email: | bpshq@bps.go.id |
Penanggung Jawab
Unit Eselon Penanggung JawabEselon 1: | Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa |
Eselon 2: | Direktorat Statistik Keuangan, Teknologi Informasi, dan Pariwisata |
Penanggung Jawab Teknis
Nama: | Teguh Sugiyarto |
Jabatan: | Statistisi Ahli Madya |
Alamat: | Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia |
Telepon: | (62-21) 3841195 |
Faksimile: | (62-21) 3857046 |
Email: | pariwisata@bps.go.id |
Perencanaan dan Persiapan
Latar Belakang KegiatanIndustri-industri pariwisata memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata. Pengembangan industri kepariwisataan, khususnya industri jasa akomodasi/ perhotelan semakin penting, tidak semata-mata hanya untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan, tetapi juga untuk dampak ekonomi yang ditimbulkan seperti meningkatkan pendapatan, memperluas kesempatan kerja, dan kesempatan berusaha. Fungsi utama dari hotel adalah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong) sebagai tempat tinggal sementara. Namun, hotel sebagai suatu sarana komersial berfungsi bukan hanya untuk menginap, beristirahat, makan dan minum tetapi juga sebagai tempat melangsungkan berbagai macam kegiatan, seperti Meeting, Incentive, Convention, dan Exhibition (MICE) sesuai dengan tujuan pendirian hotel tersebut. Berdasarkan uraian tersebut, maka dianggap penting untuk melakukan pengumpulan data dan informasi mengenai perusahaan/usaha jasa akomodasi.
Tujuan Kegiatan
Mendapatkan karakteristik spesifik (profil) kegiatan usaha/perusahaan akomodasi. Secara khusus tujuan dari survei ini adalah untuk: memperoleh informasi dan data-data perkembangan dan prospek usaha-usaha akomodasi meliputi tenaga kerja, pendapatan dan pengeluaran, data bahan baku, informasi jumlah tamu dari usaha/perusahaan akomodasi. Data tersebut bisa digunakan untuk melihat perkembangan ekonomi suatu wilayah.
Rencana Jadwal Kegiatan
Perencanaan Kegiatan
2023-01-01 s.d. 2023-02-28
Desain
2023-02-01 s.d. 2023-02-28
Pengumpulan Data
2023-04-01 s.d. 2023-07-31
Pengolahan Data
2023-09-01 s.d. 2023-10-31
Analisis
2023-11-01 s.d. 2023-11-30
Diseminasi Hasil
2023-12-01 s.d. 2023-12-16
Evaluasi
2023-12-01 s.d. 2023-12-30
Variabel (Karakteristik) yang Dikumpulkan
Nama Variabel | Konsep | Definisi | Referensi Waktu |
---|---|---|---|
Jumlah Usaha Akomodasi | Jumlah Usaha Akomodasi | Banyaknya usaha yang menyediakan akomodasi jangka pendek khususnya untuk harian atau mingguan untuk pengunjung dan pelancong lainnya. | 2022 |
Jumlah Tenaga Kerja | Jumlah Tenaga Kerja | Semua orang yang bekerja pada suatu usaha dengan menerima upah/gaji baik berupa uang maupun barang (pekerja dibayar) maupun pekerja pemilik dan atau pekerja keluarga yang biasanya aktif dalam kegiatan usaha tetapi tidak dibayar (pekerja tidak dibayar). Bagi pekerja keluarga yang bekerja kurang dari 1/3 jam kerja normal (satu shift) tidak dianggap pekerja. | 2022 |
Total Pendapatan | Total Pendapatan | Total hasil penjualan barang atau jasa perusahaan | 2022 |
Total Pengeluaran | Total Pengeluaran | Jumlah seluruh biaya perusahaan baik biaya operasional maupun biaya non operasional perusahaan | 2022 |
Jumlah Kamar Hotel | Jumlah Kamar Hotel | Banyaknya kamar yang tersedia untuk tamu (yang sedang digunakan/ terisi ataupun tidak terisi tamu). Tidak termasuk kamar yang sedang diperbaiki, kamar pegawai hotel dan kamar untuk kantor | 2022 |
Jumlah Tempat Tidur Hotel | Jumlah Tempat Tidur Hotel | Banyaknya tempat tidur yang tersedia untuk tamu (yang sedang digunakan/ terisi ataupun tidak terisi tamu). Jumlah tempat tidur dimaksud adalah banyaknya kapasitas tamu secara normal dari seluruh tempat tidur yang tersedia pada hotel tersebut | 2022 |
Desain Kegiatan
Kegiatan ini dilakukanBERULANG
Frekuensi Penyelenggaraan
TAHUNAN
Tipe Pengumpulan Data
LONGITUDINAL_PANEL
Cakupan Wilayah Pengumpulan Data
SELURUH_WILAYAH_INDONESIA
Metode Pengumpulan Data
Wawancara
Sarana Pengumpulan Data
PAPI
Unit Pengumpulan Data
Usaha/perusahaan
Pengumpulan Data
Apakah Melakukan Uji Coba (Pilot Survey)Ya
Metode Pemeriksaan Kualitas Pengumpulan Data
Kunjungan kembali (revisit), Supervisi
Apakah Melakukan Penyesuaian Nonrespon
Ya
Petugas Pengumpulan Data
Staf instansi penyelenggara dan mitra/tenaga kontrak
Persyaratan Pendidikan Terendah Petugas Pengumpulan Data
SMA/SMK
Jumlah Petugas
Supervisor/penyelia/pengawas: 509
Pengumpul data/enumerator: 1834
Apakah Melakukan Pelatihan Petugas
Ya
Pengolahan dan Analisis
Tahapan Pengolahan DataEditing, Coding, Data Entry, Validasi
Metode Analisis
DESKRIPTIF
Unit Analisis
Usaha/perusahaan
Tingkat Penyajian Hasil Analisis
Nasional, Provinsi
Diseminasi Hasil
Produk Kegiatan yang Tersedia untuk UmumTercetak (hardcopy): Tidak
Digital (softcopy): Ya
Data Mikro: Tidak
Rencana Rilis Produk Kegiatan
Tercetak (hardcopy): -
Digital (softcopy): 2023-12-16;
Data Mikro: -
Variabel Kegiatan
-
Kedudukan seorang warga suatu negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.
-
Tingkat pendidikan yang dicapai seseorang setelah mengikuti pelajaran pada kelas tertinggi pada jenjang pendidikan tertinggi yang diikutinya dengan mendapatkan tanda tamat sekolah (ijazah).
-
Jenis penghasilan yang timbul dari pelaksanaan aktivitas normal entitas dan dikenal dengan sebutan yang beragam mencakup penjualan, fee, bunga, dividen, royalti, dan sewa.
-
Pengelompokan usaha akomodasi jangka pendek.
-
Klasifikasi Hotel Bintang adalah pengelompokkan hotel bintang berdasarkan kode klasifikasi lapangan baku (KBLI) yang digunakan dalam Publikasi Statistik Hotel dan Akomodasi Lainnya serta Publikasi Tingkat Penghunia Kamar Hotel
Indikator Kegiatan
-
Banyaknya usaha penyediaan akomodasi yang memenuhi ketentuan sebagai hotel bintang dan ditetapkan oleh instansi khusus yang membinanya.
-
Penghasilan yang timbul dari pelaksanaan aktivitas normal entitas dan dikenal dengan sebutan yang beragam mencakup penjualan, fee, bunga, dividen, royalti dan sewa