Detail Metadata Kegiatan Statistik
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) 2023
Informasi Umum
Judul KegiatanSurvei Kepuasan Masyarakat (SKM)
Tahun Kegiatan
2023
Cara Pengumpulan Data
Survei
Sektor Kegiatan
Sektor Publik Perpajakan dan Regulasi Pasar
Jenis Kegiatan Statistik
Statistik Sektoral
Identitas Rekomendasi
-
Penyelenggara
Instansi PenyelenggaraDinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan
Alamat Lengkap Instansi Penyelenggara
Jl. Iskandar Muda No.270, Merdeka, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20112
Telepon: | +62 61 4568694 |
Faksimile: | - |
Email: | disperpustakaanarsip@pemkomedan.go.id |
Penanggung Jawab
Unit Eselon Penanggung JawabEselon 1: | - |
Eselon 2: | Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Medan |
Penanggung Jawab Teknis
Nama: | - |
Jabatan: | Sekretaris Dinas |
Alamat: | Jl. Iskandar Muda No. 270 Kel Petisah Tengah Kecamatan Medan Petisah |
Telepon: | - |
Faksimile: | - |
Email: | disperpustakaanarsip@pemkomedan.go.id |
Perencanaan dan Persiapan
Latar Belakang KegiatanDalam Mengamanatkan UU No.25 Tahun 2009 maupun PP No. 96 Tahun 2012 maka disusun PermenpanRB No 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan SKM Unit Penyelenggara Pelayanan Publik. Pedoman ini memberi gambaran bagi penyelenggara pelayanan untuk melibatkan masyarakat dalam penilaian kerja pelayanan publik guna meningkatkan kualitas yang diberikan Untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan sebagai salah satu penyedia layanan publik, maka perlu diselenggarakan survei atau jajak pendapat tentang penilaian pengguna layanan publik terhadap pelayanan yang diberikan. Hasil SKM yang didapat merangkum data dan informasi terkait tingkat kepuasan masyarakat. Dengan elaborasi metode pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat, maka akan didapatkan kualitas data yang akurat dan komprehensif. SKM akan menjadi bahan evaluasi dan masukan bagi penyelenggara pelayanan publik untuk melakukan perbaikan berkelanjutan sehingga kualitas pelayanan prima semakin meningkat dari waktu ke waktu
Tujuan Kegiatan
1. Mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur pelayanan publik 2. Mengetahui Kinerja Penyelenggara Pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik 3. Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil sebagai tindak lanjut hasil SKM 4. Mengetahui indeks Kepuasan Masyarakat sebagai kualitas pelayanan
Rencana Jadwal Kegiatan
Perencanaan Kegiatan
2023-01-01 s.d. 2023-01-01
Desain
2023-01-01 s.d. 2023-01-01
Pengumpulan Data
2023-02-01 s.d. 2023-04-01
Pengolahan Data
2023-05-01 s.d. 2023-05-01
Analisis
2023-05-01 s.d. 2023-05-01
Diseminasi Hasil
2023-05-01 s.d. 2023-06-01
Evaluasi
2023-05-01 s.d. 2023-06-01
Variabel (Karakteristik) yang Dikumpulkan
Nama Variabel | Konsep | Definisi | Referensi Waktu |
---|---|---|---|
Persyaratan Layanan | Persyaratan Layanan | Syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan baik teknis maupun administrasi | Februari - April 2023 |
Dll sesuai metadata variabel | - | - | - |
Desain Kegiatan
Kegiatan ini dilakukanBERULANG
Frekuensi Penyelenggaraan
SEMESTERAN
Tipe Pengumpulan Data
LONGITUDINAL_CROSS_SECTIONAL
Cakupan Wilayah Pengumpulan Data
SEBAGIAN_WILAYAH_INDONESIA
Wilayah Kegiatan
Provinsi | Kabupaten/Kota |
---|---|
SUMATERA UTARA | KOTA MEDAN |
Mengisi Kuesioner Sendiri
Sarana Pengumpulan Data
PAPI
Unit Pengumpulan Data
Individu
Desain Sampel
Jenis Rancangan SampelSINGLE_STAGE_ATAU_PHASE
Metode Pemilihan Sampel Tahap Terakhir
SAMPEL_PROBABILITAS
Metode yang Digunakan
STRATIFIED_RANDOM_SAMPLING
Kerangka Sampel Tahap Terakhir
LIST_FRAME
Fraksi Sampel Keseluruhan
n/N = 361 / 6.834
Nilai Perkiraan Sampling Error Variabel Utama
5%
Unit Sampel
Penerima Layanan (jumlah pemohon) dari seluruh jenis pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan
Unit Observasi
Seluruh Jenis Layanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan
Pengumpulan Data
Apakah Melakukan Uji Coba (Pilot Survey)Tidak
Metode Pemeriksaan Kualitas Pengumpulan Data
Lainnya : .......
Apakah Melakukan Penyesuaian Nonrespon
Tidak
Petugas Pengumpulan Data
Staf instansi penyelenggara
Persyaratan Pendidikan Terendah Petugas Pengumpulan Data
Diploma IV/S1/S2/S3
Jumlah Petugas
Supervisor/penyelia/pengawas: 1
Pengumpul data/enumerator: 4
Apakah Melakukan Pelatihan Petugas
Ya
Pengolahan dan Analisis
Tahapan Pengolahan DataEditing, Coding, Data Entry, Validasi
Metode Analisis
DESKRIPTIF_DAN_INFERENSIA
Unit Analisis
Individu
Tingkat Penyajian Hasil Analisis
Kabupaten/Kota
Diseminasi Hasil
Produk Kegiatan yang Tersedia untuk UmumTercetak (hardcopy): Ya
Digital (softcopy): Ya
Data Mikro: Tidak
Rencana Rilis Produk Kegiatan
Tercetak (hardcopy): 2023-10-06;
Digital (softcopy): 2023-10-06;
Data Mikro: -
Variabel Kegiatan
-
Sikap petugas dalam memberikan pelayanan
-
Prosedur adalah tata cara pelayanan yang dibakukan bagi pemberi dan penerima pelayanan termasuk pengaduan
-
Syarat yang harus dipenuhi dalam pengurusan suatu jenis pelayanan baik teknis maupun administrasi
-
Jenis Pekerjaan responden saat ini
-
Sarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan. Prasarana adalah sesuatu yang merupakan penunjangan utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek). Sarana digunakan untuk benda yang bergerak dan prasarana untuk benda yang tidak bergerak
-
Ongkos yang dikenakan kepada penerima layanan dalam mengurus dan/atau memperoleh pelayanan dari penyelenggara yang besarnya ditetapkan berdasarkan kesepakatan antara penyelenggara dan masyarakat
-
Hasil pelayanan yang diberikan dan diterima sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Produk pelayanan ini merupakan hasil dari setiap spesifikasi jenis pelayanan
-
Tata cara pelaksanaan penanganan pengaduan dan tindak lanjut
-
Kemampuan yang harus dimiliki oleh pelaksana meliputi pengetahuan, keahlian, keterampilan, dan pengalaman
-
Jangka Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan seluruh proses pelayanan dari setiap jenis pelayanan
Indikator Kegiatan
-
Hasil Pengukuran dari Kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat berupa angka